Suzuki Thunder 150 injeksi merupakan gossip santer terdengar dikalangan bikers saat ini. Thunder 125 resmi dirilis tahun 2004, diuji bersamaan dengan Shogun 125R saat itu. Motor ini hadir di saat yang tepat.
Right time, right place. Bagaimana tidak?
Benarkah isu tersebut? Jawaban dari ISI ternyata adalah lampu hijau. Setidaknya itulah yang didapat saat Sales Administration Section Head (Manager) ISI, Suandi Widiarto berbincang dengan detikoto, pada acara jumpa pers JMC di hotel Alila Jakarta, Kamis (20/11/2008).
“Kami memang akan mengeluarkan produk tersebut, namun masih melihat permintaan pasar apakah mendukung bila kami mengeluarkan Suzuki Thunder yang kapasitas mesinnya lebih besar dari sekarang. Tapi hasilnya pun belum fix. Jadi tunggu saja kehadirannya.” Di luar soal ini, Suandi memilih hanya tersenyum.
Selama ini, Suzuki Thunder 125 cc terkenal dengan kombinasi kenyamanan dan kemudahan penggunaan. Selain itu, kemampuan bermanuver juga cukup baik dan pengendalian yang baik pada setiap situasi jalanan. Sistem transmisinya pun diacungi jempol dimana 5 tingkat kelajuan dan dengan pola pemindahan balik (return) membuat Thunder 125 cc terasa lebih nyaman untuk digunakan.
Dengan mesin hanya 125 cc, Suzuki Thunder 125 juga terbilang ekonomis di kelasnya. Apakah mesin dengan banyak kelebihan tersebut akan didapatkan pada Suzuki Thunder 150 cc? Kita tunggu saja keberadaannya.GL Max oleh pihak PT. Astra Honda Motor (AHM) dihentikan produksinya guna memuluskan bebek125 cc saat itu yaitu Karisma dan Kirana. Dikuatirkan dengan kapasitas yang sama akan menggerus satu sama lain. Keputusan IMNI sangatlah tepat. Motor sport dengan tampilan gagah namun dengan kapasitas mungil otomatis lebih hemat bahan bakar (begitu pula pajak, demikian klaim para pemiliknya) membuat pengguna underbone melego tunggangannya demi si Thundie ini. Motor ini memiliki keunikan sendiri. Umumnya motor sport hanya dilengkapi dengan kick starter saja. Atau belakangan diimbuhi electric starter sebagaimana diterapkan pada New Mega Pro.
Namun, Thunder 125 hanya dilengkapi dengan electric starter saja. Kemudian pegangan sok breker belakang hanya satu layaknya motor underbone paket hemat. Namun masalah kekuatan, tentu sudah diperhitungkan dengan matang. Satu lagi, tidak mempergunakan CDI layaknya motor lainnya namun memakai TCI.
Kemudian dikarenakan keinginan peminat yang mendesak, maka dikabulkanlah pemasangan kick starter. Juga system pengapiannya berganti menjadi CDI.
Jambore Thunder seNusantara Indonesia, merupakan ajang besar-besaran IMNI untuk meningkatkan loyalitas pemilik Thunder. Seperti biasa Suzuki selalu mengupdate tampilan motornya untuk mengikuti perkembangan jaman. Permainan striping dan cat plus air scoop di bagian bawah membuat tampilan menjadi manis. Ini merupakan langkah penghabisan stok yang ada di gudang.
Kemudian seperti apakah Thunder 150 injeksi itu?
Menurut rekan TiC Kemayoran, "wujud mesin Thunder baru tak berbeda jauh dengan versi lama. Dengan kata lain hanya bore up saja,jadi tinggal pasang plek. Tentu saja berganti pula pemasok bahan bakar",seperti yang di katakan Bro Dzumanji.
Permainan bore up mengingatkan akan motor Honda di era 80-90an. Yup. GL Max dan GL Pro. Motor 4 tak 5 speed ini dikenal kehandalannya. Perbedaan yang nyata adalah kapasitasnya. GLMax 125 cc sedangkan GL Pro 160 cc. Lainnya? Sama saja. Inilah yang sempat diprotes oleh bikers tanah air sehingga lahirlah Mega Pro diawal tahun 2000. Ganti casing secara menyeluruh pada mesin 160 cc.Perpaduan antara GL Pro dan Tiger 2000.
Apakah ini yang dilakukan oleh IMNI? Body sama dengan kapasitas berbeda?
Well, menurutku merupakan sebuah blunder bila memang dilakukan. Secara kapasitas akan head to head dengan Honda New Mega Pro dan Yamaha V-Ixion. Harga lebih murah bukanlah segalanya. Bila memang ingin menjadi pilihan utama bikers sejati sepatutnya Suzuki melakukan inovasi. Tidak sekadar mengikuti produk yang laris di kelas tersebut.
Suzuki GS150R specifications
the specifications for the Suzuki GS150R
Dimensions And Dry Mass
Overall length 2,095 mm
Overall width 775 mm
Overall height 1,120 mm
Wheelbase 1340 mm
Ground clearance 160 mm
Seat height 790 mm
Dry weight 134 kgs
Curb mass 149 kgs
Engine
Type Four-stroke, Air-cooled,SOHC
Number of cylinders 1
Displacement 149.5 cm3 (cc)
Max Power 13.8bhp@8500rpm
Max Torque 13.4Nm@6000rpm
Compression ratio 9.35/1
Carburetor BS26 with TPS
Ignition CDI
Transmission 6-speed (1-down, 5-up)
Starting Electric & kick
Suspension
Front Telescopic
Rear Swingarm
Brake
Front Hydraulic single disc
Rear Drum
Tyre Size
Front 2.75-18 42P
Rear 100/90-18 M/C 56P
Electrical
Spark plug CHAMPION P-RZ9HC
Battery 12V, 5Ah
Headlamp 12V 35/35W
Alternatifnya, menghidupkan kembali FXR 150. Motor sport garapan Suzuki Lion Malaysia ini cukup menarik perhatian bikers di jamannya dengan harga di kisaran 25 jutaan, bikers mendapatkan sensasi menaiki motor besar berkat teknologi DOHC 4 valve. mencitrakan motor modern. Lampu sein terpasang di air scoopFXR 150 tinggal dibentuk ulang agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bikers tanah air.
Model street fighter bisa menjadi injeksi. Kemudian speedometer digital, tidak perlu seribet FXR menjadi pilihan utama, soal pemasok bahan bakar injeksi, well Suzuki Asia Tenggara sudah meriset dengan sukses Best (disini Shogun 125) 150. Cukup ganti casing dan sedikit revisi panel instrument milik FU150maka jadilah yang lebih atraktif. Pendinginan khas Suzuki, oil cooler tetap dipertahankan. Lampu bulat bukanlah jamannya lagi, model kedok memperkental citra tersebut. Suspensi teleskopik masih cukup mumpuni sebagai peredam kejut di sisi haluan. Velg racing tidak bisa ditawar lagi. Dimensi cakram depan ukuran 330 mm. Beralih ke buritan. Inovasi swing arm banana dengan suspensi tunggal tentu menjadi nilai tambah ketimbang pipa kotak biasa. Ditilik dari segi cost tidak berbeda, terlebih lagi sudah terbukti kehandalannya di FXR 150. Pemasangan cakram belakang, sesuatu yang dilewatkan oleh Yamaha bisa mempengaruhi animo bikers peminat sport sejati. Buatan pabrik tentu lebih terjamin quality controlnya. Lebih rapi, lebih presisi karena mengikuti standar kerja yang ada.
Harga merupakan sesuatu sensitif. Logikanya bila memiliki basis produk yang ada sebelumnya, meski memiliki beberapa add value, harganya bisa lebih murah lagi dari 18, 9 juta.Sekarang soal warna, diferensiasi dengan competitor bisa menjadi kunci kesuksesan GSX 150 ini. Merah, biru, hitam adalah warna yang ditawarkan oleh V Ixion. Warna tadi juga dipakai oleh Honda New Mega Pro plus warna kuning. Paduan warna crimson orange dengan hitam solid, membangun image arti kekuatan berbalut kemewahan. Warna hitam memang bersifat universal. Varian NR (NightRider) yang elegan bisa diaplikasi pada motor ini.
untuk menciptakan produk unggulan Suzuki yang bisa diserap pasar denganKini tinggal bagaimana pihak riset, manajemen, produksi, dan pemasaran PT. IMNI bekerjasama secara berkesinambungan baik. Bukanlah hal yang muluk bila konsep di atas diimplementasikan tetap mengukuhkan Suzuki di posisi teratas di kelas sport. Tantangan sederhana bagi Suzuki. Sesuaikah dengan tagline-nya, the ride wind of change?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar